Batik Motif Aceh Mulai Menarik Peminat

batik-motif-aceh

batik motif aceh melalui bahan dasar kain tenun mulai diminati masyarakat, terlebih pegawai negeri sipil dalam daerah tersebut, tutur sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah ada dan mencari batik di balai rumah batik binaan dekranas aceh. hampir semua pemerintah kabupaten/kota telah membuat untuk pakaian wajib tambahan para pegawainya, katanya selama banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple Modern ) disamping agar pakaian dinas sampingan, banyak dan bagian swasta semisal perbankan yang dan membeli batik motif aceh, ujar netty yang disertai koordinator balai rumah batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh antara rp250.000 hingga rp1 juta serta tergantung dari jenis kainnya.

balai properti batik rata-rata bisa memproduksi 200 potong bakal kain baju setiap bulan. batik yang diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin dan juga milik dekranas aceh.

( Info: Model Batik Couple ) ia menyampaikan, terdapat pilihan jenis kain dan banyak diminati warga dalam provinsi paling ujung barat sumatera yaitu berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) dan sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya dan paling diminati rencong, pintu aceh serta gayo, katanya dulu.

netty yang serta kepala bidang beriklan selama badan investasi serta beriklan aceh tersebut menyebutkan pihaknya memiliki lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia serta menyampaikan batik aceh memiliki motif yang membeli zat alam juga budaya dan perpaduan warna yang menonjol seperti merah, hijau, kuning juga merah muda.

motif dan digunakan dalam batik aceh juga mengandung makna falsafah hidup penduduk aceh.

netty menyampaikan, situs dekranas aceh ke depan rumah batik aceh itu hendak direnovasi lebih menarik lagi, oleh karenanya merupakan objek wisata dan pusat studi dan pelatihan.

jadi, anak-anak aceh yang memiliki bakat disainer, dapat mempelajari selama balai tersebut, disamping untuk melestarikan batik aceh, ujarnya.